Jual Obat Herbal , Makanan & minuman Kesehatan, Kosmetik , Artikel Kesehatan & Bisnis , Vidio Produk & bisnis HNI HPAI


Order

Kesulitan dalam menjalankan Bisnis HNI HPAI

Seorang anak yang tidak mau melalui kesulitan belajar sepeda, maka dia tidak akan bisa naik sepeda. Begitu juga saat menjalankan bisnis HNI. Menemukan kesulitan itu wajar.

hambatan bisnis


Menemukan kesulitan, berarti Anda akan mendapatkan kemampuan, ilmu, dan pengelaman baru. Anda akan menjadi orang yang berbeda, lebih baik. Dengan catatan, Anda MAU terus menjalani, belajar, mencoba, berlatih dan membiasakan. Pantang menyerah.
Masuk ke dunia bisnis HNI, bisa menjadi ajak aktualisasi diri Anda. Seberapa tangguh Anda, seberapa ulet Anda, seberapa tekun Anda.

Pertanyaan di atas bukan bermaksud untuk mengurangi semangat, melainkan untuk membangkitkan semangat Anda. Jika Anda saat ini merasa kesulitan, itu tandanya Anda sedang menghadapi ujian kenaikan kelas. Jika Anda berhasil melewati kesulitan tersebut artinya Anda naik kelas. Jika gagal pun Anda juga naik kelas, karena Anda tahu langkah yang diambil adalah salah. Belajar dari kesalahan tersebut dan lakukan perbaikan. Jangan menyerah hanya karena menghadapi masalah, karena masalah Anda bisa jadi bukan masalah untuk orang lain. Tidak ada salahnya cari mentor atau orang yang lebih berpengalaman. Tetap semangat, fokus, tekun dan jangan menyerah.


#1 Kesulitan Berjualan : Offline maupun Online

Kesulitan yang sering dihadapi entrepreneur dan menjadikan perusahaan bisa minus adalah kesulitan berjualan. Ada orang yang mengatakan jika Anda ingin menjadi entrepreneur, Anda perlu modal kemampuan untuk berjualan. Banyak entrepreneury ang latah dalam menggunakan strategi penjualan, ikut seminar pemasaran ini, pemasaran itu dan semuanya dijalankan. Pada akhirnya hasil kurang memuaskan dan penjualan tidak naik.

Solusinya : sebelum menjadi entrepreneur Anda perlu meningkatkan kualitas dan kemampuan menjual Anda. Mulai dari cara mempengaruhi orang lain, melakukan pendekatan persuasif, mengenali kebutuhan konsumen, mempresentasikan solusi (layanan atau produk), melakukan closing, follow up dan lain sebagainya. Mau pemasaran dengan offline atau online pada dasarnya sama, cuma beda cara pendekatannya.


#2 Kesulitan Mengelola Keuangan

Masalah yang sering dihadapi entrepreneur selanjutnya adalah masalah mengelola keuangan, baik keuangan bisnis maupun keuangan pribadi. Hayo ngaku apakah teman-teman punya anggaran untuk bisnis? Punya catatan keuangan? Ada statistik yang mengatakan bahwa lebih dari 50% bisnis, akan tumbang di tahun pertama. Hal tersebut terjadi karena entrepreneur tidak memiliki kendali atas kondisi keuangan mereka.

Solusinya : salah satu cara untuk memegang kendali adalah dengan memiliki catatan keuangan yang tertib. Anda tidak perlu ahli dibidang keuangan, Anda tidak perlu ahli dalam akuntansi, Anda tidak perlu les keuangan. Anda dapat menggunakan jasa freelance atau mahasiwa/I akuntansi untuk membantu membuat pembukuan (income statement, balance sheet, profit and loss, perencanaan pajak). Fokus Anda sebagai entrepreneuradalah berjualan dan membesarkan bisnis.


#3 Kesulitan Permodalan / Pendanaan Usaha

Permasalahan berikutnya masih tidak lari dari keuangan, yaitu masalah permodalan atau pendanaan usaha. Sebenarnya modal bisa didapat dari berbagai sumber, seperti modal dari rekening sendiri atau dengan menggunakan uang orang lain. Jika Anda ingin menggunakan modal orang lain, Anda dapat memanfaatkan utang dari bank, utang dari kenalan Anda atau mencari investor. Berita baiknya untuk teman-teman pebisnis UMKM, sekarang sudah ada Kredit Usaha Rakyat.

Solusinya : Pendanaan dapat berasal dari berbagai sumber, seperti yang dijelaskan di atas. Permasalahannya jika apakah Anda sudah tahu cara memanfaatkan pendanaan tersebut? Fokuskan pada rencana kerja Anda dan pendanaan tersebut akan lebih mudah.


#4 Kesulitan Menangani Orang : Karyawan dan Pembeli

Permasalahan yang sering dihadapi entrepreneur adalah menangani manusia, baik itu pembeli maupun karyawan. Jika Anda belum pernah menjadi entrepreneur, mungkin Anda berpikir menangani karyawan itu mudah. Kenyatannya tidak semudah seperti yang Anda bayangkan

Solusinya : Pelajari teknik berkomunikasi, karena komunikasi itu ada ilmunya. Salah satu pakar komunikasi dunia bernama Dale Carnegie. Anda dapat membaca buku karyanya Bagaimana cara mendapatkan kawan dan mempengaruhi orang lain. Buku tersebut banyak mengajarkan pendekatan personal dan kemampuan komunikasi yang memanusiakan seorang manusia.


#5 Kesulitan Melawan Godaan : Ga Fokus dengan Kerjaan

Permasalahan terakhir yang sering dihadapi oleh entrepreneur adalah ‘selingkuh’ atau melirik potensi bisnis yang lain. Biasanya entrepreneur yang masih baru akan mengalami masa-masa ‘ingin selingkuh’, Siklusnya begini: mulai usaha dengan harapan semua mudah – menghadapi masalah – masalah makin besar – masalah menjadi lebih besar dan sulit untuk ditangani – melihat bisnis lain yang tampak lebih menguntungkan (alias rumput tetangga yang lebih hijau) – mencoba bearlih bisnis atau menduakan.

Solusinya : Setia dan fokus pada yang Anda jalani. Bisnis apa pun akan tampak mudah jika belum dijalani, percaya deh. Sebut bisnis apa yang Anda lihat tampak mudah dan untung besar? Katakanlah jualan fashion online. Sekarang datangi teman atau kenalan Anda yang melakukan bisnis tersebut dan wawancarai apa kesulitan mereka? Sekali lagi bisnis yang tampak mudah adalah bisnis yang belum dijalankan. Jadi selalu fokus dengan bisnis yang sedang dijalani, fokus untuk menjadi yang terbaik dan memiliki keunikan dalam bisnis.



Labels: Artikel Bisnis

Thanks for reading Kesulitan dalam menjalankan Bisnis HNI HPAI. Please share...!

0 Comment for "Kesulitan dalam menjalankan Bisnis HNI HPAI"

Back To Top