Jual Obat Herbal , Makanan & minuman Kesehatan, Kosmetik , Artikel Kesehatan & Bisnis , Vidio Produk & bisnis HNI HPAI


Order

Daun Jati Blanda (Guazumae Folium)

Jati belanda atau Guazuma ulmifolia adalah tumbuhan herbal asli daerah tropis Amerika dari Meksiko hingga bagian utara Argentina dan bagian tengah Brazil. Jati belanda dapat tumbuh hingga ketinggian 10 meter atau lebih. Daunnya lonjong dengan panjang 4 sampai 16 sentimeter, dengan ujung runcing.

Jati Belanda atau Guazumae Folium


Jati belanda juga memiliki bunga-bunga kecil, hijau kekuningan atau keputihan, beraroma manis, serta buah berbentuk seperti kapsul berkayu, hampir bulat atau oval, panjang 2 sampai 4 sentimeter, ditutupi dengan tuberkel hitam menyerupai murbei yang memiliki banyak sel yang didalamnya terdapat biji-biji.

Kandungan Jati Belanda

Studi menghasilkan beberapa senyawa utama seperti asam lemak, steroid, flavonoid, tanin, glikosida, karbohidrat, lendir, dan minyak atsiri. Selain itu juga dapat menghasilkan n proantosianidin . Akar menghasilkan dicoumarol baru, 3,3′-Methylenebis (4,6-dihydroxycoumarin) bersama dengan metabolit yang dikenal β-sitosteryl stearat, n-tetracosanoic asam, friedelin, Friedel-1-en-3-satu, β-sitosterol, 29-norcycloartanol, asam oleanolic, asam 3-O-acetyloleanolic, coumarin 6-metoksi-7,8-methylenedioxy, dan metil-3-acetyloleanolate.

Khasiat dan Manfaat Jati Belanda

Secara tradisonal, daun jati belanda berkhasiat sebagai obat pelangsing tubuh dan menurunkan kadar lemak tubuh. Bijinya dapat digunakan sebagai obat sakit perut dan kembung serta buahnya dapat digunakan sebagai obat batuk. Selain itu, dekok kulit batang dapat digunakan sebagai obat malaria, diare dan sifilis. Jati belanda juga dapat digunakan untuk mengobati influenza (flu), pilek, disentri, luka dan patah tulang. Ekstrak dari daunnya dapat menekan pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, Shigella dysenteria, dan Bacillus subtilis secara in vitro.


Berikut beberapa khasiat jati belanda terhadap kesehatan, diantaranya:

1. Anti-Diabetes: Dalam sebuah studi pada kelinci hiperglikemik dari 28 tanaman obat, delapan – termasuk jati belanda – dapat menurunkan secara signifikan puncak hiperglikemia atau keadaan dimana nilai gula darah diatas ambang batas toleransi.

2. Radikal Scavenging / Anti-inflamasi / gastroprotektif: Studi mengevaluasi efek gastroprotektif ekstrak etanol dari daun dan bunga dari jati belanda pada pasien tukak lambung akut diinduksi diklofenak. Hasil menyimpulkan jati belanda melindungi mukosa lambung dari efek merugikan dari OAINS terutama oleh mekanisme anti-inflamasi dan pemulungan radikal.

3. Antibakteri: Sebuah studi mengevaluasi 21 ekstrak dari 7 obat herbal, termasukjati belanda untuk sifat antibakteri mereka terhadap E coli, P aeruginosa, S aureus dan E faecalis. Hampir semua ekstrak mampu menghambat pertumbuhan satu atau lebih strain bakteri, kecuali E faecalis.

4. Menghambat kolera: Proantosianidin dari kulit kayu telah terbukti menghambat aktivitas toksin kolera.

5. Hipotensi / vasorelaksan: Studi meneliti aktivitas kardiovaskular in vivo dan in vitro dari fraksi prosianidin (PCF) dari ekstrak jati belanda.. Hasil menyimpulkan bahwa kulit jati belanda memiliki antihipertensi tahan lama dan vasorelaksan yang terkait dengan faktor-endotel di mana oksida nitrat yang terlibat.

Bagian - bagian Jati Belanda Yang Bermanfaat

Pada dasarnya semua bagian pohon jati belanda dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Namun, hanya bagian kulit pohon dan buahnya yang telah teruji bermanfaat untuk kesehatan.

Efek Samping Jati Belanda

Jati belanda pada umumnya aman untuk dikonsumsi oleh manusia dalam jumlah wajar. Sedangkan efek sampingnya belum diketahui sampai sekarang. Namun, jika mengalami gejala efek samping setelah mengkonsumsinya, maka disarankan untuk segera menghentikan pengggunaan kemudian berkonsultasi dengan dokter.

Dosis dan Cara Menggunakan Jati Belanda

Jati belanda belum memiliki dosis yang disepakati. Namun, perlu diingat bahwa sama seperti herbal lain bahwa walaupun jati belanda merupakan tanaman herbal dan alami. Jati belanda tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jati belanda dapat dikonsumsi dengan cara direbus, atau diseduh. Selain itu, ekstrak jati belanda dalam bentuk serbuk atau pil juga telah banyak dipasaran. 

Salah satu Produk dari HNI HPAI yang mengandung unsur  Daun Jati Blanda (Guazumae Folium) adalah LANGSINGIN



Untuk melihat Detail Produk Langsingin klik  PRODUK LANGSINGIN HNI HPAI 






Labels: Tips Sehat

Thanks for reading Daun Jati Blanda (Guazumae Folium). Please share...!

0 Comment for "Daun Jati Blanda (Guazumae Folium)"

Back To Top